24 Februari 2017

Manga Review: Bakuman, Volume 16 by Tsugumi Ohba & Takashi Obata


BAKUMAN #16
Pengarang: Tsugumi Ohba & Takeshi Obata
Penerbit: m&c!
Tebal Buku: 187 halaman
Terbit Buku: 14 September 2016
Rating: 3 of 5 stars
Aku tidak akan menyerah sampai akhir!
Sebelumnya, manga PCP ciptaan duo Ashirogi Muto bermasalah dengan adanya pelaku kejahatan yang bertindak kriminal meniru salah satu adegan di dalam komik PCP. Berbagai pihak pun menyalahkan komik PCP yang dianggap sebagai penyebab motif kejahatan. Duo Ashirogi Muto tidak terima begitu saja ciptaannya dinilai buruk oleh masyarakat. Mereka berjuang keras menghilangkan penilaian tersebut dan berhasil mengembalikan citra baik komiknya dengan cara membuat satu chapter baru tentang peniru PCP.
Ini adalah pertarungan antarpria! Dan menurutku orang yang tidak memahami hal itu adalah orang yang membosankan.
Sementara itu manga Crow Zero milik Niizuma setiap minggunya mengalami peningkatan  yang luar biasa. Lima minggu berturut-turut berada di peringkat satu. Prestasi Niizuma membuat Editor Yuujirou senang, tetapi tidak dengan para editor yang lain merasa iri; mau tidak mau mengakui kehebatan Niizuma. Pada hari selanjutnya, Niizuma mendatangi kantor Jump menghadap Kepala Editor secara langsung. Dengan penuh keyakinan, Niizuma meminta haknya untuk menghentikan manga yang dibencinya.

Begitulah, karena menjadi rival adalah bersaing dalam hal semangat, harga diri, serta saling menghormati.
Kabar itu cepat menyebar ke teman-teman mangaka yang kemudian berkumpul di rumah Fukuda membicarakan kebenaran kabar tersebut. Di saat semuanya sedang serius menebak manga apa yang akan dihentikan Niizuma, Hiramaru malah berharap komiknya 'You Won't Fool Me' yang akan dihentikan. Karena tak kunjung menemukan komik mana yang akan dihentikan, mereka pun segera bertanya langsung kepada Niizuma di apartemennya. Secara mengejutkan Niizuma berhasil mendapatkan haknya memberhentikan manga yang ia benci dengan memenuhi syarat harus meraih peringkat satu selama sepuluh minggu berturut-turut. Dan Niizuma juga mengungkapkan manga yang akan dihentikannya.

//☆Review☆//

Ini bukan pertama kalinya Niizuma bersaing dengan para mangaka lain untuk meraih peringkat satu. Kali ini para mangaka harus berhasil menggeser Niizuma dari peringkat satu agar Niizuma tidak bisa menghentikan manga yang dibencinya. Aku cukup salut sih sama para mangaka yang mau bekerja keras meraih tujuan sebagai manga terbaik itu memperlihatkan bahwa Niizuma adalah panutan sekaligus saingan yang harus dikalahkan. Tapi, menurutku seorang mangaka boleh-boleh saja membuat keputusan untuk mengakhiri manganya sendiri karena buatku itu juga hak dia dan sebagai pembaca aku malah tidak suka manga yang ceritanya terlalu panjang; kesannya bertele-tele. Sehingga mangaka lain tidak boleh menghalangi niat Niizuma. Walaupun manga yang dihentikan itu sangat populer. Aku suka cara para mangaka yang saling bersaing dan mendukung di waktu yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...