19 Desember 2015

New Wave of Indonesian Comics: Kosmik Mook, Volume 01

 KOSMIK MOOK #01
Cover Artist: Sunny Gho & Jessica Kholinne
Graphic Design: Kara D. Alisjahbana
Penerbit: PT. Surya Perkasa November Abadi
Tahun terbit: Septermber 2015

KOSMIK MOOK adalah kelanjutan dari proyek MAKKO. Sebuah penerbit komik yang beroperasi melalui jaringan internet yang aktif pada kurun waktu tahu 2011-2013. KOSMIK mengambil format media 'MOOK' atau 'magazine book'. MOOK ini akan diterbitkan tiap bulan dengan cerita yang semakin menarik. Di dalam MOOK ini terdiri dari 5 serial komik dan 2 komik one-shots.

image source 
RIXA by Haryadhi. Serial komik yang menceritakan impian seorang perempuan bernama Antariksa. Ayahnya adalah seorang buruh kelapa sawit di negara tetangga, pulangnya hanya setahun sekali. Setiap ayahnya pulang, Riksa akan diajak pergi ke Taman Ismail Marzuki tepatnya di Planetarium Jakarta. Ajakan ayahnya ke Planetarium membuatnya menyukai dunia astronomi dan bermimpi sebagai astronot. Apakah Riksa berhasil mewujudkan impiannya tersebut? Serial ini berkerja sama dengan LAPAN karena komik ini ditulis berdasarkan riset yang dilakukan penulis untuk menunjang cerita.


https://pbs.twimg.com/media/CPbozjYVEAAEvr7.jpg
image twitter
 JAMU SAKTI by Octo Baringbing & Mogri. Bercerita mengenai proyek pemerintah yang memanfaatkan sumber daya alam dengan membuat jamu super. Nantinya jamu super ini diuji cobakan ke beberapa orang untuk melihat reaksi perubahan yang terjadi pada individu. Kali ini yang menjadi target percobaan adalah Moko, seorang anak miskin dari SMP 888.

CLPNi20VAAA45nn
image source twitter
PAVLICHENKO by Esa & Dhana. Evalina Paramita, perempuan berkacamata bersiap-siap untuk pergi ke sebuah acara Jejepangan sebutan lainya kewibu-wibuan, bersama Rendy-kekasihnya yang keren dan berdada kotak. Di saat menikmati acara tersebut tiba-tiba ada seorang laki-laki bertubuh besar menyandera Eva sambil mengarahkan pisau tajam ke arahnya. Bukannya menolong, si Rendy pacarnya ini malah bersembunyi. Mendadak ada satu laki-laki (lagi) yang tiba-tiba menyuruh anjing peliharaannya untuk menyerang mereka! Namun, dihentikan oleh tembakan maut seseorang! Siapakah dia?!

image source
SI JUKI by Faza 'Meonk'. Kalian pembaca komik sekalian pasti tidak asing dengan komik yang satu ini. Si Juki sudah terkenal lewat facebook dengan cerita menarik di setiap harinya. Kali ini Juki berpetualang di luar angkasa! Kehidupan Juki-seperti hari-hari biasanya berjalan normal, tapi tidak dengan berita yang tertulis di koran bacaannya. Semuanya tidak ada yang menarik. Di saat itu juga tiba-tiba muncul sebuah robot bisa terbang yang menyinari ke arahnya agar ia lupa ingatan. Apakah sinar itu berefek pada Juki?

RAIBARONG by Alex Irzaqi [PREVIEW]. Seorang laki-laki bermuka seram dengan coretan motif di mukanya(?) sedang menggerutu makan pisang 3 hari berturut-turut. Ia pun memutuskan mencari makan di sebuah desa. Ternyata di desa itu sedang terjadi pencurian yang dilakukan oleh sekelompok orang. Apakah Raibarong berhasil mendapatkan jatah makananya?


T-REX GAK BISA TERBANG by K. Jati [ONE-SHOTS] Ceritanya tentang sebuah keluarga: kakak, adik dan  ibu yang sedang berlibur. Si Adik ini bisa meramal hal yang akan terjadi dalam waktu singkat. Waktu liburan itu si adik meramal dengan media kentang goreng, akan ada serbuan raptor. Namun, si kakak ini tidak percaya. Sayangnya, ramalan si adik benar-benar terjadi...


MANUNGSA by Erfan Fajar. Kana dan Raka, kakak beradik yang dulu tinggal di sebuah kota yang damai bersama orang tuanya. Namun, suatu hari ada sosok bayangan hitam memporak-porandakan rumahnya dan menyebabkan orang tuanya meninggal. Ketika dewasa (saat ini) Kana dan Raka tinggal di sebuah tempat penelitian. Kana berusaha keras menguak apakah bayangan hitam tersebut.

Dari semua cerita di atas yang paling aku sukai adalah RIXA dan RAIBARONG. Dari desain sampul komiknya, tokoh Antariksa dari serial RIXA sangat bagus. Jadi aku tidak berpikir dua kali untuk membelinya. Selain itu cerita RIXA sendiri juga bagus menitikberatkan pada flashback kehidupan Riksa waktu kecil. RAIBARONG juga favoriteku. Karena sewaktu baca komiknya, aku pikir tokoh ini adalah makhluk jahat dilihat dari penampilannya. Ternyata malah sebaliknya. Malah lucu dan menghibur, tapi juga bukan kejam apa ya sakti(?) Oiya aku suka gayanya yang nyeleneh dan sok keren :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...