21 Juli 2013

Book Review: 101 Dating by Asma Nadia

101 Dating Jo dan Kas
Penulis : Asma Nadia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2004
Tebal Buku : 168 halaman
Rating: 4.5 of 5 stars
Kenapa laki-laki yang mencintai kekasihnya sedemikian rupa, bisa berbuat begitu? Menggoreskan luka luar biasa pada diri orang yang dicintai? Setelah perempuan memberikan segala yang mereka miliki atas dasar nama cinta?
Aku beli novel ini tahun 2011 waktu itu ada diskon besar-besaran. Harga buku ini kalau tidak salah Rp.10.000-an.  Cerita di novel ini sangat simple. Awalnya Jo yang tomboy dengan kerudung cantik di tubuhnya sangat cuek dengan yang namanya pacaran.
Si Jo ini tiba-tiba ditembak oleh Kas di saat perjalanan kereta. Akhirnya si Jo ini terpaksa menerimanya karena kondisi kereta yang membuatnya ia tersudut. Jo sama sekali tidak mengerti apa itu arti pacaran. Kas sampai memintanya untuk bersikap seperti selayaknya pacar.
Mungkin orang yang kita anggap kekasih belum tentu mencintai kita sebesar cinta yang kita rasakan.
Di dalam novel ini banyak konflik remaja yang sekarang sering terjadi. Yaitu pergaulan bebas. Dan novel ini mengajarkan kita untuk tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang sedang marak. Ceritanya sangat islami sekali, tapi tidak terkesan menggurui.

Karakter Jo sangat kuat, dan terkesan mendalam. Sedangkan Kas-nya tidak. Sikap Jo yang sangat cuek dengan penampilan, pergaulan pacaran dan lainnya menurutku unik sekali. Juga kakak-kakak Jo yang sangat kukuh dengan ajaran agama. Penulisannya ringan ala anak muda dan tema yang diangkat juga dialami oleh anak muda membuat novel ini mudah dipahami.

Aku sudah membaca  novel ini berkali-kali. Tidak ada rasa bosan. Karena sangat berguna untuk remaja seperti aku. Novel ini sangat bagus untuk pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...